Fakultas Pertanian Unsyiah Berpartisipasi Dalam Rapat Koordinasi Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) 2020 Wilayah Koordinasi Polbangtan Medan

202003071

Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (FP Unsyiah) diwakili oleh Pembimbing PWMP Dr. Ichwana, ST. MP., dan Akhmad Baihaqi, SP. MM juga turut didampingi dua orang dosen peninjau Hasanuddin, SP. M.Si dan Ryan Moulana, S.TP., M.Sc menghadiri Rapat Koordinasi Penumbuhan Wirausawan Muda Pertanian (PWMP) 2020 Wilayah Koordinasi Polbangtan Medan yang berlangsung di Hotel Swiss Bellinn Medan dari tanggal 6-8 Maret 2020.

Kegiatan koordinasi ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya di Depok tanggal 12-14 Februari 2020 lalu. Acara ini dibuka oleh Wadir III Dr. Dwi Febrineli, SP., M.Sc mewakili Direktur Polbangtan Medan, dalam arahannya menyampaikan pentingnya meningkatkan SDM pertanian sebagai pelaku usaha sehingga perlunya menumbuhkan generasi muda sebagai kader pelaku di sektor pertanian, upaya tersebut terus dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian dalam mendorong pertumbuhan wirausaha dengan Program PWMP tersebut. Dengan adanya koordinasi antar lembaga pendidikan selain sebagai pelaporan kinerja juga menjadi wadah diskusi dan berbagi pengalaman dalam menumbuhkan wirausahawan muda pertanian.

202003072 202003073

Rangkaian kegiatan koordinasi yang dilakukan diantaranya penyampaian laporan kinerja kelompok PWMP 2018 dan 2019 serta rencana kerja tahun 2020. Kegiatan ini di bawah koordinator Polbangtan Medan diikuti oleh 5 Universitas, 2 Politeknik Pertanian dan 6 SMK PP dimana 3 SMK PP dari Provinsi Aceh. Tahun 2020 Fakultas Pertanian Unsyiah mendapatkan 5 kelompok baru Penumbuhan PWMP yang saat ini tengah dalam seleksi kelompok dan 1 kelompok inkubasi yang merupakan lanjutan pelaksanaan wirausaha pada tahap pemandirian. Hal baru dalam program inkubasi adalah pengembangan jejaring usaha dalam rangka perluasan kerja sama dengan pihak terkait seperti perbankan, investor, pemasok input dan Lembaga/pelaku pemasaran. Bagi kelompok Penumbuhan PWMP nantinya akan mendapatkan bimbingan teknis dan modal usaha sebesar 28 juta untuk setiap kelompok rupiah serta selama 3 tahun akan mendapatkan bimbingan dan monitoring dari Kementerian Pertanian. 

Narasumber dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Kabid Penyelenggaraan Pendidikan Dr. Ismaya Nita Rianti Parawan, SP. M.Si. memberikan pengarahan saat ini program aksi Kementerian Pertanian yaitu, konstra tani, petani milenial dan penumbuhan wirausaha pertanian. Kebijakan terhadap penumbuhan pengusaha pertanian yang merupakan potensi ketenagakerjaan dimana demand tenaga kerja pertanian baru mencapai 38 juta orang sementara kebutuhannya saat ini 42 juta orang. BPS 2016 menyebutkan setiap tahunnya petani menyusut sebanyak 500 ribu orang sehingga dalam 5 tahun kekurangan 2,5 juta petani. Dengan dukungan pendidikan diharapkan target penumbuhan pengusaha pertanian dapat dicapai salah satunya melalui PWMP, selain juga Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS) dan Pengembangan pengusaha pertanian milenial. 

Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc. menyampaikan, program PWMP yang digagas Kementerian Pertanian telah dimulai dari tahun 2016, di tahun tersebut Fakultas Pertanian Unsyiah mendapatkan hibah sebanyak 20 kelompok dengan total dana sebesar 600 juta rupiah. Tahun 2017 dan 2018 sebanyak 2 kelompok dengan total hibah 130 juta rupiah dan tahun 2019 terdapat 5 kelompok dengan total bantuan modal sebesar 175 juta rupiah.

202003074  
   
   

Related Articles