Tri Dharma

Bincang Virtual Membangun Asuransi Pertanian Syariah Provinsi Aceh

01

Ditengah Pandemic Covid-19 dan menyambut era New Normal, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Syiah Kuala berupaya untuk tetap produktif dalam menjalankan agenda-agenda riset produktif. Adalah Dr. Rahmat Fadhil, M.Sc, Pemenang Riset Produktif (RISPRO) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan pertama di Provinsi Aceh yang saat ini sedang melakukan riset implementatif kebijakan Pengembangan Asuransi Pertanian Syariah untuk Perlindungan Petani dan Peternak di Provinsi Aceh. Kondisi Pandemic Covid-19 tetap tidak menghalangi inovasi untuk terus mengupayakan lahirnya kebijakan Asuransi Pertanian Syariah yang merupakan riset penelitian Multiyears selama 2 tahun. Inovasi ini dilakukan dengan melaksanakan bincang virtual betajuk Seminar Online Pembangunan Pertanian dan peternakan, Mewujudkan Asuransi Pertanian dan Peternakan Syariah Untuk Perlindungan Petani dan Peternak: Tantangan dan Peluang.

Sosialiasi Optimalisasi Peran Akademisi dalam Penguatan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala

202003121

Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Optimalisasi peran akademisi dalam penguatan dan perlindungan kekayaan intelektual Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala pada hari Kamis, tanggal 12 Maret 2020 pukul 10.00 s.d 12.30 WIB. Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala mengundang Dr. Akhyar, S.T., M.P., M.Eng yang merupakan Ketua Pusat Pengembangan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.

Penghargaan Jurusan Pengusul Proposal Penelitian/Pengabdian Tahun 2019/2020

001Assalammu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) memberikan penghargaan kepada Jurusan pengusul proposal Penelitian/Pengabdian terbanyak untuk periode Tahun 2019/2020, adalah sebagai berikut:

Padi Varietas Sigupai Sudah Diteliti sejak 2012 oleh Dosen Fakultas Pertanian Unsyiah

Efendi

Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Dr. Efendi, M.Agric.Sc optimis padi varietas Sigupai bisa menjadi varietas padi unggul baru nasional. 

Ia menyebutkan, sebelum melakukan uji multi lokasi perbaikan padi varietas lokal Sigupai di Desa Cot Ba'u, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), telah melakukan berbagai penelitian sejak tahun 2012, sehingga menghasilkan benih padi yang berkualitas dan mampu mengalahkan varietas padi unggul lainnya. 

Serius Kembangkan Padi Lokal, Bupati Abdya Terima Penghargaan dari Unsyiah

fgdpadilokal01

Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim mendapat penghargaan dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sebagai kepala daerah yang serius mengembangkan padi lokal. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc kepada Akmal Ibrahim dalam acara Focus Group Discussion (FGD) di kampus itu, Jumat (30/11/2018). "Penghargaan ini diberikan karena Pak Akmal Ibrahim konsisten dalam mengembangkan padi lokal," kata Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc saat memberikan sambutan pada acara itu.

Subcategories

Hubungi Kami

Publish the Menu module to "offcanvas" position. Here you can publish other modules as well.
Learn More.