Program Studi Agribisnis Unsyiah Raih Akreditasi A

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kepastian tersebut tertuang dalam SK BAN-PT No. 1791/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 tanggal 17 Juli 2018. Keputusan tersebut baru diterima minggu lalu oleh pihak kampus. Semenjak menghasilkan lulusan pada tahun 1975, Prodi Agribisnis baru pertama memperoleh nilai akreditasi A. Sebelumnya nilai akreditasi prodi ini berturut-turut B.

Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc menyambut baik perolehan akreditasi A prodi yang telah melahirkan ribuan alumni yang tersebar di seluruh nusantara dalam berbagai posisi. Prof Samadi menjelaskan, bahwa Prodi Agribisnis merupakan prodi kelima dalam lingkungan Fakultas Pertanian yang telah memperoleh nilai A. “Kedepan Prodi Agribisnis harus mampu meningkatkan kualitas dan dapat mengusulkan akreditasi jaringan Asia Tenggara atau Asean University Network Quality Assurance (AUN QA). Sehingga terwujudnya visi dan misi sebagai penyelenggara pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua Program Studi Agribisnis Dr. Ir. Azhar, M.Sc, menambahkan, mengutip ketentuan dari BAN-PT bahwa akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal. Yaitu suatu proses yang digunakan lembaga yang berwenang untuk memberikan pengakuan formal suatu institusi mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan di bidang pendidikan. “Dengan demikian, akreditasi dapat melindungi masyarakat dari penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya. Lebih lanjut, keuntungan akreditasi antara lain sebagai daya tarik calon mahasiswa baru dalam memilih prodi. Selain itu, dengan adanya akreditasi memudahkan lulusan mencari pekerjaan. Saat ini, prodi agribisnis berada di urutan keenam prodi favorit di Universitas Syiah Kuala.

Sebagai informasi, prodi agribisnis termasuk 20 besar prodi agribisnis terbaik di Indonesia dan 3 besar di Sumatera setelah Universitas Lampung, dan Universitas Riau. Azhar mewakili seluruh civitas akademika prodi agribisnis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada dosen, mahasiswa, stakeholder, alumni serta semua pihak yang telah berkontribusi dalam proses akreditasi.

berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1791/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 Tanggal 17 Juli 2018. Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala telah memperoleh hasil Akreditasi "A" yang berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 17 Juli 2018 sampai dengan 17 Juli 2023.


Berita Terkait:
Judul:
Program Studi Agribisnis Terakreditasi A
Link
http://fp.unsyiah.ac.id/index.php/sjmf/201-psagbakreditasia

Sumber Berita:
http://beritakini.co/news/program-studi-agribisnis-unsyiah-raih-akreditasi-a/index.html