Visi dan Misi

Visi Fakultas Pertanian Unsyiah

Menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang unggul dan terkemuka dalam bidang pertanian berbasis sumber daya dan kearifan lokal di Indonesia pada tahun 2020.

Misi  Fakultas Pertanian Unsyiah

  1. Menyelenggarakan pendidikan pertanian berbasis kompetensi secara terpadu yang relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan penelitian unggulan pertanian yang berpola keilmuan dan teknologi, berorientasi produk, dan berbasis sumber daya dan kearifan lokal.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian yang tepat guna dan spesifik lokal.
  4. Membentuk sivitas akademika yang profesional dan beretika serta mengembangkan atmosfer akademik yang kondusif, dinamis, dan demokratis.
  5. Meningkatkan mutu manajemen dan sumber daya secara mandiri dan berkesinambungan dengan mengadopsi dan mengadaptasikannya dengan nilai-nilai agama dan adat istiadat.
  6. Menjalin dan meningkatkan kerjasama kemitraan yang saling menguntungkan di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Tujuan Strategis Fakultas Pertanian Unsyiah

  1. Menghasilkan sarjana dengan tingkat kompetensi yang tinggi dan berdaya saing, berakhlak mulia, berwawasan luas, dan tanggap terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat sehingga mampu berperan dalam pembangunan bangsa.
  2. Menciptakan suasana akademik yang kondusif, dinamis, dan demokratis sehingga sivitas akademika beperilaku ilmiah dan profesional serta menjunjung tinggi kebebasan akademik.
  3. Menghasilkan riset-riset unggulan dan pertanian yang berguna bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian serta bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian secara terpadu dan tepat guna melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat sehingga memberikan kontribusi yang nyata dalam penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat pengguna.
  5. Mejamin keberlanjutan proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui kerjasama dengan institusi tingkat lokal, nasional, dan internasional yang relevan.

Sasaran Strategis Fakultas Pertanian Unsyiah

  1. Meningkatnya kualitas pembelajaran
  2. Meningkatnya relevansi, produktivitas dan daya saing hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  3. Meningkatnya kualitas kegiatan kemahasiswaan, dan
  4. Revitalisasi pendukung Tridarma Perguruan Tinggi.