Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala

Kapal Pemuda Nusantara 2016

mhsthp

Salah Seorang Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsyiah Wakili Aceh Pada Kapal  Pemuda Nusantara 2016

Setelah melewati tahapan proses seleksi yang cukup ketat, 3 mahasiswa Unsyiah, salah satunya yaitu Maulidiya Izzati (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Unsyiah), terpilih mewakili Aceh dalam progam  Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari (LNRPB) atau dikenal juga dengan nama lain Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Karimata 2016.

“Kegiatan ini luar biasa bagi saya, jiwa nasionalisme kita sebagai pemuda Indonesia akan dibuktikan,” sebut Moly.

Pada tahun 2016 rute yang akan mereka lewati yaitu dimulai dari Jakarta - Belinyu - Dabo Singkep - Pulau Bintan - Tarempa - Pulau Laut (pulau terluar) - Pulau Serasan - Pontianak - Karimata Kayong  dan akan kembali ke Jakarta.  Kegiatan yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari ini, dimulai sejak September-Oktober 2016 mendatang.

 

Kegiatan yang akan mereka lakukan di kapal meliputi diskusi, kegiatan kelompok, olahraga, homestay di rumah keluarga angkat, kegiatan kemasyarakatan, pergelaran seni dan budaya, serta kegiatan lainnya.

Untuk mengetahui seperti apa perjalanan mereka mengelilingi Indonesia dapat dilihat di akun instagram @ayokelaut. Harapannya, melalui kegiatan ini nanti dapat mempromosikan Aceh dimana saja dan pulang dengan sejuta ilmu baru yang akan dibagikan untuk pemuda di Aceh.

KPN merupakan salah satu program dari Kemenpora, Kementrian Kelautan dan Perikanan, bekerja sama dengan TNI AL dalam upaya menanamkan nilai-nilai dunia bahari yang potensial jika diberdayakan lebih optimal dan serius. Pemuda yang lolos seleksi program KPN dari masing- masing provinsi di seluruh Indonesia serta perwakilan pemuda dari negara se-ASEAN akan bergabung untuk bersama-sama berlayar mengarungi samudra dengan menggunakan kapal perang dan melakukan sejumlah kegiatan di beberapa tempat yang disinggahi.

Kegiatan Sail Indonesia ini dimulai sejak 2009 yaitu Sail Bunaken tahun 2009, Sail Banda tahun 2010, Sail Wakatobi-Belitong tahun 2011, Sail Morotai tahun 2012, Sail Komodo tahun 2013, Sail Raja Ampat tahun 2014, Sail Tomini tahun 2015, dan Sail Karimata pada tahun 2016 ini

 

 

 

sumber berita dan Foto:
* http://unsyiah.ac.id/berita/mahasiswa-unsyiah-wakili-aceh-pada-kapal-pemuda-nusantara-2016 

 

Hubungi Kami